Senin, 07 Maret 2011

Materi 2 - Argasadha 15409029

Skill Dasar berorganisasi
Oleh Kak Tizar
Rabu, 2 Februari 2011
RSG Lt 6

Management sangat menentukan keberhasilan sebuah organisasi. Management sendiri dapat dikategorikan dalam 4 hal, yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controlling.

Planning merupakan langkah awal dalam menjalankan organisasi. Rencana awal ini merupakan kunci awal keberhasilan sebuah organisasi. Perencanaan tentang apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, hasil yang ingin dicapai dapat mempresentasikan keberhasilan sebuah organisasi. jika perencanaan awal saja sudah buruk, maka sudah dapat terlihat bagaimana organisasi ini nantinya.

Organizing merupakan penentu keberhasilan setelah perencanaan. Sebuah rencana tidak akan mencapai hasil jika tidak diorganisir dengan baik dan matang. Maka dari rencana tersebut, dibuatlah sebuah pengelolaan bagaimana terlaksananya rencana tersebut secara sistematis sehingga saat pelaksanaan dapat berjalan dengan baik. Keberjalanan rencana nantinya dipengaruhi oleh organisir rencana tersebut.

Actuating merupakan koordinasi dalam pelaksanaan rencana awal yang sudah tersusun rapi dalam organizing, koordinasi dalam pelaksanaan dibutuhkan dalam pencapaian target dan tujuan dari rencana awal.

Controlling merupakan tahap terakhir yang selalu berjalan, yaitu memonitor keberjalanan organisasi sehingga selalu memenuhi hasil yang diharapkan.

POAC ini dapat dilaksanakan dengan kerjasama yang baik dalam sebuah organisasi. dengan terlaksananya POAC ini, maka InsyaAllah sebuah organisasi akan berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar